Pernyataan Sikap Bersama Ormas Islam dan Komunitas Dakwah di Sumatera Utara

Iklan Advertisement
Majelissirah.com - Ormas Islam se-Sumatera Utara berkumpul di Mesjid Agung Medan, (17/5) membicarakan tentang sikap ormas Islam Sumatera Utara mengenai kejadian meledaknya bom di Surabaya dan Mapolda Riau. Berikut adalah hasil dari pernyataan sikap bersama ormas Islam dan Komunitas Dakwah Sumatera Utara.

Assalamu’alaikum Wr, Wb,

Menyikapi kejadian meledaknya 3 (tiga) bom di Surabaya pada Minggu, 13 Mei 2018 dan diikuti dengan kejadaian  di Polresta Surabaya dan Polda Riau, Ormas-ormas Islam dan Komunitas Dakwah Sumatera Utara dengan ini menyatakan:

1. Menyesalkan kejadian dan mengutuk  Aktor intelektual  Tragedi Bom Gereja di Surabaya, Mapolresta Surabaya serta Mapolda Riau yang tidak sesuai dengan nilai nilai kemanusiaan dan prinsip prinsip semua agama.

2. Menyatakan duka sedalam-dalamnya kepada keluarga korban dalam kejadian tersebut dan meminta pemerintah untuk memberikan bantuan baik materiel maupun non materiel kepada keluarga korban;

3. Mengajak seluruh lapisan masyarakat Islam untuk meningkatkan ukhuwah Islamiyah dan mengisolasi tindakan-tindakan yang dapat merusak kedamaian NKRI;

4. Mengajak seluruh elemen untuk dapat bersama-sama menjaga perdamaian antar-umat beragama tanpa saling curiga.

5. Meminta kepada DPR, Pemerintah serta Tokoh Agama/Ulama agar membentuk Tim Investigasi Independen yang menyelidiki kasus tersebut;

6. Menolak cara-cara penanganan dan penanggulangan hal hal yang berkaitan dengan   kasus tersebut  yang melanggar nilai HAM, melecehkan nilai nilai dan lambang lambang agama apapun.

7. Menyerukan kepada DPR dan Pemerintah untuk dapat menyelesaikan RUU Terorisme yang dapat menjadi payung HUKUM dalam mengungkapkan dan menanggulangi  Tindak Pidana Terorisme yang berlandas kepada perspektif Hak Asasi Manusia.

Demikian pernyataan sikap ini kami buat sebagai bentuk tanggung jawab dalam menjaga kesatuan dan keamaan bangsa dan Negara Republik Indionesia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pernyataan Sikap Bersama Ormas Islam dan Komunitas Dakwah di Sumatera Utara"

Post a Comment