MTT dan PTPN4 Mendukung Diklatsar 5 BSMI Sumut

Iklan Advertisement
Majelissirah.com -Relawan dianggap sebagai ujung tombak lembaga kemanusiaan dalam menjalankan program-program kemanusiaan. Salah satu lembaga kemanusiaan yang rutin membuka rekrutmen relawan adalah Bulan Sabit Merah Indondesia (BSMI).

Setidaknya dalam setahun, BSMI melakukan open recruitment relawan Kemanusiaan. Inilah salah satu langkah yang dilakukan, sebelum terlibat aktif dalam berbagai aktivitas di BSMI, relawan tersebut harus menjalani Pendidikan Dasar (Diksar) selama 2 hari.

Diklatsar biasanya dilakukan di regional BSMI di masing-masing wilayah. Tahun ini Diklatsar Angkatan ke-5 BSMI Sumatera Utara dilaksanakan pada 7-8 April 2018 Berlokasi di daerah Perkemahan Sei Bingei Kab.Langkat.

Majelis Taklim Telkomsel (MTT) dan PTPN4 menjadi pendukung utama kegiatan yang akan menghasilkan relawan-relawan kemanusiaan ini.

Pemberian materi-materi teknis ini dilakukan oleh ahli dari BNPB, satuan Brimob Poldasu, Tagana, Eksplore Sumatera Utara dan lain-lain.

Selain pemberian materi-materi teknis, seperti Mengenal BSMI, Survival, Vertikal Rescue, Water Rescue, Trauma Helaing dan lain sebagainya para relawan ini juga mendapatkan materi nilai-nilai kerelawanan, termasuk mengenai nilai keikhlasan. Sejumlah 73 orang peserta yang mengikuti acara ini.

Acara yang menjadi syarat mutlak/ utama untuk menjadi seorang relawan BSMI ini  juga diisi oleh dr.Nuryunita Nainggolan, Sp.P (K) selaku Ketua Umum BSMI Wilayah Sumatera Utara  yang membuka sekaligus menutup acara Diklatsar kali ini.

Dokter Ade, panggilan akrabnya, juga berkesempatan memberikan materi tentang bagaimana membentuk dan menciptakan karaktersitik seorang relawan kemanusiaan.

Ade berpesan kepada seluruh relawan untuk tetap semangat dan menjunjung tinggi nilai nilai kemanusiaan sebab tugas tugas kemanusiaan masih banyak untuk di lakukan, "Relawan itu harus siap kapan saja dan dimana saja ketika panggilan kemanusiaan memanggil kita," tambahnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Diklatsar, Zia Indriani S.KG, menyampaikan bahwa peserta Diklatsar nantinya akan banyak terlibat di aktivitas BSMI. Sehingga betul-betul memahami dan mendalami nilai-nilai sosial, kemanusiaan, nilai berbagi, dan nilai-nilai keikhlasan. Sebab Valuenya itu ada di dalam aktivitas-aktivitas tersebut.

"Jadi setelah diksar, mereka akan dilibatkan di semua aktivitas BSMI, baik yang reguler ataupun kebencanaan. Di situlah dia akan mendapatkan penguatan, penumbuhan, jiwa kerelawanan, keikhlasan, dan berbagi," ujar
Zia.

Zia mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pihak PTPN4 dan MTT (Majelsi TaklimTelkomsel) Sumbagut yang telah mensupport dan memberikan kontribusi besar berupa bantuan dana kegiatan diklatsar tahun ini.

"Atas nama BSMI kami mengucapkan Semoga semakin sukses untuk PTPN4 dan MTT," pungkasnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MTT dan PTPN4 Mendukung Diklatsar 5 BSMI Sumut"

Post a Comment