KUI-SU Hasilkan Piagam Umat Islam Sumut. Ini Isinya

Iklan Advertisement


Majelissirah.com -Kongres Umat Islam (KUI) Sumatera Utara resmi ditutup, Ahad (01/04/2018). Kongres yang berlangsung sejak Jumat (30/03/2018) di Asrama Haji Medan Jalan Pangkalan Mashur itu menghasilkan beberapa rekomendasi yang disepakati 37 ormas Islam.

"Ya, ada pokok-pokok pikiran yang cukup bernas yang kita rekomendasikan dalam kongres ini," kata Ketua Panitia KUI Sumut Masri Sitanggang kepada wartawan di Asrama Haji Medan, Ahad (01/04/2018).

Pelaksanaan Kongres yang diikuti elemen Islam Sumatera Utara menghasilkan empat point utama yang disebut sebagai Piagam Umat Islam Sumatera Utara. Adapun keempat point utama dari piagam yang dibacakan Ketua Presidium Badan Musyawarah Organisasi Islam Wanita Indonesia (BMOIWI) Sumut, Nurazizah Tambunan ialah terkait penguatan Ukhuwah, Penguatan Peran Politik Umat Islam, Penguatan Sosial Ekonomi Umat Islam dan Penguatan Peran Wanita Islam.

Masri menegaskan salah satu point hasil kongres ialah menyerukan agar umat Islam dalam pemilihan kepala daerah, baik itu pemilihan walikota/wakil walikota, bupati/wakil bupati, gubernur/wakil gubernur serta presiden/wakil presiden berdasarkan kriteria Alquran dan Sunnah yakni memenangkan pasangan calon muslim-muslim.

Selain itu, KUI-SU juga menghasilkan keputusan untuk mengajak umat Islam harus berperan aktif dalam perpolitikan baik itu dipilih maupun memilih dalam legislatif untuk DPRD, DPR, dan DPD, dalam hal ini memenangkan partai-partai Islam
dan partai-partai yang berpihak kepada kepentingan umat Islam dan menolak partai pendukung penista agama dan UU keormasan.


Di sisi ekonomi, Kongres juga menetapkan aga umat Islam  membuka usaha berbadan syariah, diantaranya minimarket dan home industri termasuk mengkomsumsi produk-produk yang telah memiliki status kehalalan melalui sertifikat halal.

Selain itu, peran pimpinan ormas Islam perempuan se Sumatra Utara mengajak para orang tua, untuk meningkatkan perannya dalam mendidik dan mendampingi anggota keluarga agar terhindar dari bahaya narkoba, pornografi, LGBT dan pergaulan bebas.

Yang menarik, Hasil Kongres Umat Islam yang bersejarah ini direncanakan juga akan segera membentuk  membentuk Laskar Mujahidah Sumatera Utara.

Berikut Isi dari Piagam Ummat Islam Sumatera Utara







Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "KUI-SU Hasilkan Piagam Umat Islam Sumut. Ini Isinya "

Post a Comment