Ketua FPKS Medan: Supir Angkot Wajib Larang Penumpang Merokok!

Iklan Advertisement
Majelissirah.com - Pemilik angkutan umum seperti Angkot wajib memberitahukan kepada pengemudi untuk tidak merokok dan tidak membiàrkan penumpang merokok. Bahkan Sopir Angkot berkewajiban untuk melarang penumpang untuk merokok.


Demikian disampaikan Ketua Fraksi PKS DPRD Kota Medan, H. Jumadi S.PdI dalam sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Kawasan Tanpa Rokok (KTR) Nomor 3 Tahun 2014 di Kota Medan, Ahad (8/4/2018) sore di Jalan Mestika Kecamatan Medan Tembung.

“Pemilik angkutan umum wajib memberitahukan kepada pengemudi untuk tidak merokok dan tidak membiàrkan penumpang merokok. Dalam Pasal 28 ditekankan lagi bagi pengemudi/sopir wajib melarang penumpang merokok,” ujarnya.

Jumadi menilai keberadaan Perda KTR perlu didukung oleh berbagai elemen masyarakat termasuk generasi muda. Saat ini, penerapan Perda KTR masih belum maksimal.

"Anak muda adalah generasi harapan bangsa, kita sangat berharap generasi bangsa kedepan ini hidup di lingkungan yang sehat dan bebas polusi. Dan kita mengharapkan Perda KTR ini benar-benar diterapkan di Masyarakat," jelas Jumadi.

Jumadi mengatakan, dalam Perda tersebut ditegaskan kawasan-kawasan yang harus bebas asap rokok dan hal ini perlu dipahami oleh generasi muda  di Kota Medan. "Dalam pasal 7 Perda KTR, semua fasilitas pelayanan kesehatan, tempat proses belajar mengajar, tempat bermain anak, tempat ibadah, angkutan umum, tempat kerja, dan tempat umum, sudah ditetapkan sebagai kawasan tanpa asap rokok (KTR)," jelas Jumadi.

Selain mengatur soal lokasi, Jumadi juga menjelaskan dalam Perda ini memuat sanksi tegas diantaranya ketentuan pidana diatur Pasal 44 yakni, setiap yang merokok ditempat area KTR diancam pidana denda Rp 50 ribu.

Sementara itu bagi setiap pengelola/pimpinan penanggungjawab KTR yng tidak melakukan pengawasan internal dengan mdmbiarkan orang merokok diancam pidana kurungan 15 hari dan pidana denda Rp 10 juta.

Jumadi juga mengajak generasi Muda Kota Medan untuk melibatkan diri dengan kegiatan-kegiatan positif, seperti olahraga dan kegiatan kreatifitas lainnya. "Ingat rokok dan narkoba itu sangat membahayakan bagi kesehatan dan tentunya masa depan kita bersama," pungkasnya.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Ketua FPKS Medan: Supir Angkot Wajib Larang Penumpang Merokok!"

  1. maaf seberapa ampuh itu perda nanti dan seberapa efektif dan kuat nanti pelaksanaan funishmentnya di lapangan kita sbg warga tetap pesimis, karena Perda Larangan buang sampah sembarangan yg sdh bertahun (klu nggak salah dari 2 periode legislatif yg lalu disahkan), hingga kini tdk jelas pelaksanaannya khususnya funishmentnya! Nggak percaya, datang ke jalan Setia Luhur (samping milenium plaza), warga yg tdk bayar iuran sampah bebas buang sampah di pinggir jalan dan setiap hari dikutip sampai setengah truk! Sementara warga yg taat bayar sering tak dikutip berhari-hari! Hebatnya Herry Zulkarnain yg juga GM Milenium Plaza adalah ketua panitia yg menangani sampah fi DPRD tak mampu mengatasi hal ini. Saran saya, sebelum buat ranperda yg tak jelas lagi pelaksanaannya, tolong sampaikan fraksi PKS nggak usah kebanyakan buat Ranperda yg tdk jelas, cukup evaluasi dan tindak lanjuti perda-perda yg blm efektif pelaksanaannya! Syukron...

    ReplyDelete