Anda Telah Punya Anak? Ingat Juga Pesan Nabi Ini

Iklan Advertisement


Majelissirah.com -Nabi Muhammad Saw telah bersabda "Al-Waladu mahzanatun, majbanatun, majhalatun, mabkholatun" (Anak pembuat kesedihan, kepengecutan, kebodohan juga kebakhilan).

Mabkholatun (Pembuat Kebakhilan) : Jika seseorang ingin berinfaq di jalan Allah, setan mengingatkannya kepada anak-anaknya, sehingga orang itu mengatakan, "Anak-anakku lebih berhak. Akan aku tabung untuk mereka, sepeninggalku mereka akan membutuhkannya." Sehingga dia menjadi bakhil untuk berinfaq di jalan Allah.

Majbanatun (Pembuat Kepengecutan) : Jika seseorang akan berjihad di jalan Allah, setan datang dan berkata kepadanya, "Engkau akan terbunuh dan anak-anakmu akan menjadi yatim!" Sehingga dia pun urung dan tidak pergi jihad.

Majhalatun (Pembuat Kebodohan) : seseorang menjadi tersibukkan dengannya sehingga terhalangi dari menuntut ilmu dan hadir di majelis majelis ilmu maupun membaca kitab ilmu.

Mahzanatun (Pembuat Kesedihan) : jika anak sakitnya dia akan menjadi sedih. Jika anak meminta sesuatu yang dia tidak mampu, dia menjadi sedih. Jika anak besar dan durhaka kepadanya, menjadikannya sedih dan terus menerus dalam kegalauan.

Hadist atau pesan Nabi di atas bukanlah dimaksudkan agar tidak menikah atau tidak memiliki dan mendidik anak. Tetapi maksudnya  adalah memperingatkan  agar tidak tersibukkan karena itu semua.

Ingatlah firman Allah Swt
"Dan ketahuilah, bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan..." (QS Al-Anfal: 28).


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Anda Telah Punya Anak? Ingat Juga Pesan Nabi Ini"

Post a Comment