Amien Rais Harapkan Pemimpin yang Jalankan Pasal 33 dan 34 UUD 1945

Iklan Advertisement


Majelissirah.com -Prof Amien Rais berharap pemimpin Indonesia selanjutnya adalah yang komitmen menjalankan pasal 33  dan pasal 34 UUD 1945 secara konsisten dan konsekuen.

Adapun pasal-pasal tersebut berisi, ”Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan” (Pasal 33 Ayat 1); ”Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara” (Pasal 33 Ayat 2); ”Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat” (Pasal 33 Ayat 3); dan ”Perekonomian nasional diselenggarakan berdasar atas demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan, efisiensi berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan, kemandirian, serta dengan menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional” (Pasal 33 Ayat 4).

Selanjutnya, Pasal 34 Ayat 1: ”Fakir miskin dan anak-anak yang telantar dipelihara oleh negara”; Ayat 2: ”Negara mengembangkan sistem jaminan sosial bagi seluruh rakyat dan memberdayakan masyarakat yang lemah dan tidak mampu sesuai dengan martabat kemanusiaan”; dan Ayat 3: ”Negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan fasilitas pelayanan umum yang layak”.

Demikian disampaikannya saat menjadi pemateri dalam Kongres Umat Islam Sumut, Sabtu (31/3/2018) pagi di Asrama Haji Medan.

Selain itu, Amien mengingatkan bahwa Islam mengajarkan agar seimbang antara dunia dan akhirat. Sedangkan dunia ini sangat ditentukan oleh para pemimpin. Oleh karena itu, Amien mengajak untuk memilih pimpinan yang sesuai dengan iman.

"Cari pemimpin yang memenangkan dunia kita dan mengamankan akhirat kita. Pemimpin yang beriman. Teorinya orang beriman itu bukan hanya pemimpin bagi orang yang beriman tetapi juga bagi manusia seluruhnya," ujarnya dalam Kongres Ummat Islam Sumut, Sabtu (31/3/2018).

Amien Rais mengingatkan bahwa ummat Islam punya andil terbesar bagi bangsa indonesia. Sehingga tidak boleh melepaskan nasib bangsa kepada orang orang kafir.

Ia merekomendasikan agar salah satu hasil kongres ialah agar umat tidak memilih orang kafir sebagai pemimpin.

Terkait, Pilpres 2109, Pendiri PAN itu yakin bahwa Jokowi bisa dikalahkan melalui demokrasi. Syarat utamanya ialah menggalang persatuan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Amien Rais Harapkan Pemimpin yang Jalankan Pasal 33 dan 34 UUD 1945"

Post a Comment