Sinabung Meletus Hebat, Nurul Hayat Bergerak Cepat

Iklan Advertisement


Majelissirah.com -Gunung Sinabung meletus sejak Senin pagi (19/2/2018) dengan tinggi kolom abu mencapai kurang lebih 5.000 m disertai suara gemuruh dan disertai awan panas dengan jangkauan ke arah timur laut sejauh 3.500 m dan ke arah selatan sejauh 4.900 m.

Meski tidak ada korban jiwa, hujan abu menyelimuti wilayah di Kabupaten Karo Sumatera Utara bahkan hingga ke Provinsi Nangroe Aceh Darussalam.

Sebanyak lima kecamatan di Kabupaten Karo diselimuti abu vulkanik. Kelima kecamatan itu yakni Kecamatan, Simpang Empat, Naman Teran, Payung, Tiga Nderket dan Munthe. Bahkan Abu vulkanik menyebar hingga ke wilayah Aceh diantaranya Kabupaten Aceh Tenggara dan Aceh Tamiang.

Menurut BPBD Karo, Erupsi Gunung Sinabung juga melontarkan kerikil kecil yang ditemukan di desa Kuta Mbaru dan Kuta Rakyat.

Status Gunung Sinabung saat ini berada di level IV atau awas. BPBD Karo mengimbau masyarakat untuk memakai masker saat beraktivitas di luar ruangan.



Bupati Karo, Terkelin Brahmana SH. ketika ditemui oleh tim Nurul Hayat mengatakan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait. "Kami bersama Kapolres Tanah Karo juga menghimbau kepada seluruh warga yang terkena dampak erupsi, agar menggunakan masker ketika beraktifitas di luar ruangan," ujarnya.

Kapolres Tanah Karo, AKBP Benny Hutajulu S.I.K mengatakan kepada tim Nurul Hayat bahwa sudah ada mobil penyiram debu yang di kerahkan untuk menyingkirkan debu dari jalan-jalan.

Tenaga Ahli Madya PVMBG Umar Rosadi mengatakan erupsi Gunung Sinabung kali ini adalah yang terbesar dalam 2 tahun terakhir. Dengan tinggi kolom abu mencapai lebih 5000 meter. Selain itu, terjadi luncuran awan panas mengarah ke selatan sejauh 4,9 km dan ke timur dan tenggara sejauh 3,5 km. Dan luncuran awan panas ini adalah yang terjauh sejauh ini.

Branch Manager Nurul Hayat, Rendy S. Sanjaya SE. mengatakan, tim NH yang bergerak Selasa pagi adalah untuk membantu meringankan sedikit beban yang dirasakan warga setempat. "Setelah langsung bertemu dengan Bupati dan Kapolres, tim NH merasa psikologi warga sekitar, terutama anak-anak sedikit terguncang. Maka NH akan melakukan trauma healing kepada anak-anak yang kemarin sempat menangis histeris ketika melihat gumpalan awan panas yang berasal dari erupsi Sinabung" tuturnya

Mari bantu ringankan beban yang dirasakan saudara kita dengan transfer ke rekening

Mandiri a.n Nurul Hayat
142-00-0011508-8
CIMB Niaga Syari'ah a.n Nurul Hayat
86-000-4702-000
BSM a.n Nurul Hayat
7093886024

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sinabung Meletus Hebat, Nurul Hayat Bergerak Cepat"

Post a Comment