Kondisi Gaza Lebih Para Daripada Krisis Kemanusiaan, Israel Bangsa Terkeji

Iklan Advertisement
Majelissirah.com - PBB dilaporkan telah mengumumkan kondisi krisis yang terjadi di jalur Gaza yang diblokade oleh Israel.



Sebagaimana dikutip Islampos,  Menurut PBB kondisi Gaza saat ini jauh lebih besar dari krisis kemanusiaan, kata Nickolay Mladenov, utusan khusus PBB untuk proses perdamaian Timur Tengah.

Dalam sebuah forum yang diselenggarakan Lembaga Studi Keamanan Nasional Israel di Tel Aviv, Mladenov memperingatkan bahwa Gaza dirundung kegagalan sistem secara total.

Dia mendefinisikan kegagalan menyeluruh ini sebagai “Keterpurukan ekonomi dan layanan sosial yang menimbulkan semua implikasi masalah politik dan kemanusiaan," ujarnya, Rabu (31/1/2018).

Mladenov juga meminta hadirin pertemuan yang akan datang antara negara-negara pendonor dan Otoritas Palestina (PA) -yang akan diadakan di Brussel pada Kamis -untuk membahas krisis pendanaan PA saat ini, kondisi Gaza, dan proses perdamaian Timur Tengah.

“Yang paling penting adalah mengembalikan Gaza untuk dikelola oleh pemerintah yang sah [yaitu, PA daripada Hamas] dan mengakhiri seluruh aktivitas militan di sana. Ini penting untuk keamanan Israel, keamanan Mesir, penduduk Gaza, dan penduduk Palestina,” tegas utusan PBB tersebut.

“Kami harus bekerja sama dengan PA dan membantu mereka mewujudkan rencana pemulangan mereka ke Gaza,” tambah Mladenov.

Jalur Gaza yang merupakan rumah bagi sekitar dua juta jiwa yang telah menderita di bawah embargo Israel yang pertama kali diberlakukan pada 2007, setelah Hamas mengambil alih wilayah pesisir dari pasukan loyalis PA.

Di lain tempat, sebelumnya, pengamat Palestina asal Sumut Nurhayati Baheramsyah menegaskan bahwa Israel adalah bangsa yang terkeji sepanjang sejarah.

"Meskipun Palestina seudah diterima di lembaga lembaga internasional baik PBB, UNESCO, UNHCR dan Pengadilan Pidana Internasional, akan tetapi lebih cenderung simbolik dan tidak bermanfaat bagi rakyat Palestina," jelas Nurhayati dalam muzakarah MUI Sumut, Ahad (28/1/2018) lalu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kondisi Gaza Lebih Para Daripada Krisis Kemanusiaan, Israel Bangsa Terkeji"

Post a Comment