Bela NKRI, UAS Kini Bergelar Datuk. Datuk Apa?

Iklan Advertisement
UAS saat mengikuti prosesi adat. Sumber foto : Eramislimn


Majelissirah.com -Ustadz Abdul Somad kini bergelar Datuk Seri Ulama Setia Negara. Hal itu setelah Lembaga Adat Melayu Riau menabalkan gelar adat “Datuk Seri Ulama Setia Negara” kepada Ustadz Abdul Somad (UAS) di Balai Adat Melayu, Selasa (20/2/2018).

Gelar ini juga menjadi penegasan bahwa UAS bukan Anti-NKRI sebagaimana banyak orang yang menuduh hal itu.UAS dalam pidato pantunnya menyebutkan dalam berdakwah sering mendapatkan perlakuan yang tidak mengenakkan.

Tuduhan Anti-NKRI dialaminya saat melaksanakan tugas dakwah di Pulau Dewata. Juga pernah dideportasi dari Hongkong (RRT) yang dikesankan sebagai teroris.

“Tanah Melayu mengajarkan wajib mencintai tanah air. Sejumlah tokoh dan pejuang Riau sudah berkorban merebut dan mendukung kemerdekaan. Seperti Sultan Siak Syarif Kasim II di awal kemerdekaan pernah menyumbangkan uang senilai 13 juta gulden Belanda kepada pemerintah RI,” tegas UAS sebagaimana dilansir Eramuslim.

Gubernur Riau yang diwakili Sekda, Ahmad Hujazi menegaskan UAS seorang yang setia pada negara sesuai dengan gelar adat Datuk Seri Ulama Setia Negara. Selain itu UAS juga telah mengangkat kehormatan Melayu.

Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Datuk Seri Al azhar mengungkapkan UAS merupakan ulama yang bangga menyebut dirinya sebagai ‘Orang Melayu Riau.’

Ayah dan ibunya merupakan gabungan Pelalawan (Riau) dan Asahan (Sumut) yang tak perlu diragukan lagi kecintaannya pada Indonesia. Sebab, kedua wilayah itu sejak lama memiliki hubungan ke-Islaman dengan bangsa Indonesia yang begitu kuat hingga saat ini.

 Hal senada diungkapkan Ketua LAM Riau, Datuk Syahril Abubakar. Menurut Syahril, penabalan gelar ini sekaligus menepis tuduhan terhadap UAS yang disebut Anti-NKRI.

Sumber: Eramuslim

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bela NKRI, UAS Kini Bergelar Datuk. Datuk Apa?"

Post a Comment