Subhanallah !! Driver Ojek Online Ini Asuh Pesantren Tahfiz

Majelissirah.com -Endang Irawan atau dikenal dengan “Bang Soplo” memang sehari-hari bekerja driver online di Bogor. Akan tetapi, profesi tersebut tidak menghalanginya untuk berbuat mulia.

Siapa sangka, dengan pekerjaan yang sederhana itu ia membiayai kebutuhan  126 santri Pondok Pesantren Nurul Iman terletak di Desa Sukaharja, Ciomas, Kab. Bogor.

Ponpes yang berkonsentrasi  pada program Tahfiz Alquran bagi anak yatim dan kurang mampu diisi oleh santri dengan  usia antara 12 - 24 tahun.

Sosok Endang yang dikenal tegas, disiplin, dan dermawan. Dia sering memberikan uang saku kepada para santrinya dari hasil menjadi ojek online.

“Uang hasil ojek online itu saya sisihkan. Sebagian buat keluarga dan kebutuhan saya pribadi, sebagian lagi buat para santri di Pondok,” ujar Endang sebagaimana dirilis kemenag.go.id.

Endang mengaku sudah lama ikut mengupayakan pendanaan pondok, sejak dilibatkan sebagai pengasuh pondok.
 Sebelum bergabung di ojek online, ia bekerja sebagai mekanik elektrik  di luar Pulau Jawa dan itu cukup menyulitkannya mengawasi dan mengontrol anak didiknya.

Ia mengaku setelah bergabung di ojek online, ia lebih leluasa dan maksimal dalam mengasuh pondoknya.

Dirjen Pendidikan Islam Kementrian Agama , Komaruddin sangat mengapresiasi partisipasi Endang terkait pendidikan Islam yang ada di Indonesia. Walaupun ada program bantuan untuk pondok pesantren, seperti beasiswa tahfizh, bantuan asrama dan bantuan ruang kelas.

"Pesantren di Indonesia sangat banyak, lebih kurang 38ribu pondok, kami  tidak bisa membantu  pendanaan  sepenuhnya. Beruntung jika banyak yang peduli seperti pak Endang ini,” ujar Dirjen Pendidikan Islam  Kamaruddin  saat berbincang di Metro TV, Senin (08/01/2018)

Sumber forto: Kemenag


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Subhanallah !! Driver Ojek Online Ini Asuh Pesantren Tahfiz"

Post a Comment