Perhatian!! Anak Di Bawah 2 Tahun Jangan Kenalkan Gawai!

Iklan Advertisement
Majelissirah.com - Penelitian The American Academy of Pediatrics menyatakan anak di bawah usia dua tahun sebaiknya terbebas dari permainan yang melibatkan layar monitor karena akan berdampak negatif seperti gangguan kesehatan mata dan bahaya radiasi yang dapat mengganggu perkembangan otak anak.



Data tersebut yang membuat Komisioner Bidang Pornografi dan Cyber Crime KPAI Margaret Aliyatul Maimunah menegaskan pada orangtua atau pengasuh agar anak berusia nol hingga dua tahun tidak dibiarkan  bermain dengan gawai.

"Anak usia 0-2 tahun sebaiknya tidak dikenalkan dengan permainan dari jenis layar monitor seperti laptop, komputer tablet, telepon pintar atau PC," kata Margaret saat dihubungi Antara di Jakarta, Senin (22/1/2018).

Anak-anak yang lebih banyak menghabiskan waktu dengan gawai dapat mengalami hambatan dalam proses perkembangannya.

"Hal ini karena anak-anak asyik bermain gadget sehingga jarang bergerak dan sering kali lupa waktu makan," kata dia.

Anak yang kecanduan gawai, lanjut Margaret,  dapat menyebabkan anak tidak berminat untuk berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang lain.

Jika orang tua ingin mengenalkan gawai sebaiknya di atas usia dua tahun tetapi harus ada aturan dalam penggunaannya, meliputi durasi penggunaan, pendampingan, pengawasan, edukasi sesuai usia anak, komunikasi yang baik dengan anak dan lain sebagainnya.

Margaret juga mengajak agar orang tua dapat   mengalihkan anak-anak dengan permainana lain yang lebih edukatif.

"Orang tua harus mengajak anak bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya, dan mengenalkan anak dengan alam sekitarnya agar dia teralihkan dari gawai," kata Margaret.

Selain itu orang tua juga harus membatasi diri menggunakan gawai di depan anak. "Orang tua harus menjadi teladan bagi anak, ketika anak dilarang maka orang tua juga jangan bermain gawai di depan anak," ujarnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perhatian!! Anak Di Bawah 2 Tahun Jangan Kenalkan Gawai! "

Post a Comment