Muhammadiyah : Usia Ideal Untuk Menikah 21 Tahun

Iklan Advertisement
Majelissirah.com - Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menyebutkan usia ideal pernikahan bagi perempuan dan laki-laki ialah 21 tahun. Hal itu terdapat di dalam naskah akademik fikih perlindungan anak yang merupakan hasil Musyawarah Nasional (Munas) di Makassar belum lama ini.

Sumber foto: Muhammadiyah


Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Rita Pranawati sangat mengapresiasi usia ideal pernikahan tersebut. Sebab, perkawinan menjadi gerbang masuknya bangunan sebuah keluarga. Artinya gerbang tersebut harus kokoh dan kuat.

"Kalau bangunan keluarganya kuat dan bagus, maka akan berdampak baik terhadap bangsa ini," ujarnya sebagaimana dilansir Republika, Selasa (30/1/2018).

Fikih perlindungan anak mengatakan usia ideal pernikahan adalah usia 21 tahun, ini dinilai bisa mengurangi kerentanan keluarga.

Rita mengingatkan bahwa perkawinan bukan hanya sekedar menghalalkan hubungan seksual. Tapi, membangun generasi yang akan datang, jadi laki-laki dan perempuan harus matang dan dewasa sebelum menikah.

Rita juga berpandangan, usia ideal perkawinan 21 tahun memotong potensi pernikahan pada usia anak.

Menurutnya, salah satu tujuan fikih perlindungan anak mengatakan usia ideal perkawinan 21 tahun, untuk menghindari perkawinan di bawah usia 18 tahun.

Dalam Undang-undang (UU) Perlindungan Anak, salah satu kewajiban orang tua adalah mencegah perkawinan usia anak. Artinya fikih perlindungan anak sejalan dengan UU Perlindungan Anak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Muhammadiyah : Usia Ideal Untuk Menikah 21 Tahun"

Post a Comment