Jepang Punya Upacara Kedewasaan, Ini Kata Sekum JPRMI Medan

Iklan Advertisement
Majelissirah.com - Jepang memiliki upacara unik pada 15 Januari khususnya bagi para remajanya. Khususnya remaja yang telah beranjak dewasa.

Uapacara itu ialah upacara Seijin Shiki.  Sebagaimana dilansir detik.com bahwa Seijin No Hi (Coming of Age Day) adalah hari libur umum Jepang yang diadakan setiap hari Senin minggu kedua di bulan Januari tiap tahunnya. Hari Kedewasaan ini untuk menghormati setiap orang yang telah berusia 20 tahun selama setahun terakhir.

Zaman dahulu, anak perempuan di Jepang yang berusia 12-16 tahun sudah dikatakan dewasa dan bisa menikah. Upacara kedewasaan untuk perempuan pada waktu itu disebut Mogi, di mana anak perempuan itu mendapatkan Kimono.



Pada tahun 1876, karena adanya perubahan struktur pemerintahan, diputuskan orang Jepang dikatakan dewasa ketika menginjak usia 20 tahun. Sejak ditetapkan tahun 1948 hingga tahun 1999, Hari Kedewasaan selalu diadakan tanggal 15 Januari bertepatan dengan hari tahun baru kecil.

Ketika orang muda mencapai usia dua puluh tahun, mereka secara resmi menjadi orang dewasa dan memiliki tanggung jawab serta kebebasan, seperti minum minuman beralkohol, merokok, pergi ke pesta, berjudi, dan mengemudi secara legal.

Terkait hal tersebut, Sekretaris Umum Jaringan Pemuda Remaja Masjid Indonesia (JPRMI) Kota Medan, Hafizh Chaniago ikut angkat bicara.

"Saya melihat apa yang dilakukan oleh Jepang merupakan sebuah budaya yang menarik. Dimana dalam budaya tersebut saya melihat ada sebuah internalisasi nilai tentang kedewasaan, kebebasan bersikap dan siap menerima segala tanggung jawab dan resiko dari perbuatan," ujarnya pada Majelis Sirah, Rabu (10/01/2018)

Lebih daripada itu hal yang menarik adalah, pemerintah Jepang berhasil membranding budaya tersebut menjadi sebuah nilai jual yang sangat menarik bagi turis.

"Ini bisa menjadi pelajaran yang sangat baik bagi Indonesia sebagai sebuah negara dengan kebudayaan yang sebenarnya sangat jauh lebih banyak serta beragam dibanding negara Jepang, karena jika Indonesia mampu melakukan seperti bukan tidak mungkin Indonesia akan menjadi negara pariwisata terbaik di dunia dengan paduan budaya dan alam yang sangat luar biasa," ujarnya.

Ia berharap pemerintah tidak tercebur dalam tarik ulur kepentingan kapitalis yang tahu mengekploitasi bangsa tanpa berkonstribusi pada negeri ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jepang Punya Upacara Kedewasaan, Ini Kata Sekum JPRMI Medan"

Post a Comment