Gerakan Membersihkan Masjid @ Jelang Ramadhan 1437 H

Iklan Advertisement
Gerakan Membersihkan Masjid @ Jelang Ramadhan 1437 H
Majelissirah.com - Setiap kita tentu punya hajat. Semakin penting hajatnya, semakin lama persiapannya. Persiapan itu sendiri menjadi bukti keseriusan kita dalam menghadapi suatu perkara. Ambil contoh mudah, jika kita sering berstatus sebagai makmum masbuq, itu pertanda kita kurang persiapan. Itu juga pertanda kita cenderung lalai dan abai dalam menegakkan shalat berjama’ah.

Bulan suci Ramadhan 1437 H sudah di depan mata. Banyak hal yang perlu kita siapkan. Diantaranya adalah dengan memugar atau membersihkan masjid dan musholla. Inilah salah satu kegiatan utama takmir masjid dan remaja masjid jelang ramadhan, yakni bersih - bersih masjid. Apa gerangan fadhilah melakukan bersih - bersih masjid?

Pertama, Meneladani Ibrahim
 
Baitullah adalah masjid pertama yang didirikan untuk beribadah diatas bumi. Setelah berdiri, Allah memerintahkan nabi Ibrahim dan nabi Ismail untuk membersihkannya. “Anthahhiraa baitiya liththaaifiina wal ‘aakifiina war rukka‘is sujuud”.

Dengan membersihkan masjid, menyiapkan untuk para jama’ah yang akan beribadah didalamnya, berarti kita tengah meneladani nabi Ibrahim dan nabi Ismail. Ini adalah amal yang mulia karena perintahnya langsung dari Allah dan dijalankan oleh dua nabi utama. Salah besar jika ada anggapan bahwa membersihkan masjid sebagai tugas rendahan untuk para marbot masjid.

Kedua, Mewarisi Sulaiman
 
Baitul Maqdis adalah tempat ibadah kedua yang didirikan oleh Nabi Ya’qub. Jarak antara pendirian Baitullah dengan Baitul Maqdis adalah 40 tahun. Setelah berlalu masa yang cukup panjang, Baitul Maqdis mengalami kerusakan. Akhirnya, Nabi Sulaiman memugar Baitul Maqdis menjadi tempat ibadah yang besar.

Hal yang sama terjadi pada Baitullah. Rusak akibat banjir, maka kaum Quraiys bahu membahu melakukan renovasi terhadap Ka’bah, dengan hanya bersumber pada harta yang halal. Nabi Muhammad terlibat didalamnya dengan tugas penting, yakni meletakkan Hajar Aswad. Ternyata, merehab dan memugar masjid adalah amalan dari nabi - nabi mulia terdahulu.

Ketiga, Mengikuti Maryam
 
Ada seorang shahabiah yang sudah tua dan berkulit hitam, bernama Ummu Mihjan. Dia rajin membersihkan masjid nabawi. Suatu ketika, Ummu Mihjan meninggal dan langsung dimakamkan, tanpa mengabarkan pada rasulullah. Saat mengetahui perihal itu, rasulullah saw minta ditunjukkan dimana makamnya. Beliau lalu berziarah dan menshalatinya.

Tidak banyak sosok tua yang dimuliakan oleh rasulullah, disamping Abdullah bin Ummi Maktum dan Khaulah. Diziarahi kuburnya dan dishalati (ghaib) jenazahnya oleh rasululah tentu sebuah kemuliaan besar bagi orang yang namanya tidak terlalu dikenal. Ummu Mihjan mungkin kalah kelas dengan Maryam, namun mereka memiliki tugas yang sama yakni berkhidmah kepada rumah Allah.

Mengorganisir Gerakan
 
Membersihkan dan merenovasi masjid dan musholla menjelang ramadhan sudah menjadi tradisi rutin bagi takmir masjid dan remaja masjid. Tugas kita adalah mengorganisir kaum muslimin agar terlibat lebih jauh dalam gerakan bersih - bersih masjid. Sehingga menjadi syiar umum bagi seluruh kaum muslimin, bukan hanya sebatas takmir dan remaja masjid.

Melalui organisasi keislaman, organisasi dakwah, lembaga charity dan filantropi Islam dll, kita bisa menggulirkan gerakan bersih - bersih masjid dalam skala nasional. Kerja bakti massal, serentak secara nasional untuk membersihkan masjid. Mulai dari membersihkan, mengecat hingga merehab tempat wudhu. Sebagai kenang - kenangan, kita bisa memberikan seperangkat peralatan kebersihan kepada takmir, mulai dari sapu hingga vacuum cleaner.

Khatimah
 
Membersihkan masjid adalah amalan para nabi dan orang shaleh. Sebagai bagian dari kafilah orang beriman, kita tentu berkewajiban untuk ittiba’ kepada para pendahulu. Mari kita jadikan gerakan bersih - bersih masjid menjadi salah satu amalan unggulan jelang ramadhan. Siapkah Kita ?

Penulis : Eko Jun

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gerakan Membersihkan Masjid @ Jelang Ramadhan 1437 H"

Post a Comment