Erdogan Desak Zona Aman Untuk Suriah Dari Serangan Roket Kilis

Iklan Advertisement
Erdogan Desak Zona Aman Suriah Tengah Dari Serangan Roket Kilis
Majelissirah.com - Presiden Recep Tayyip Erdogan menegaskan seruannya agar Selasa (17/05) sebagai zona aman di Suriah utara untuk melindungi warga sipil dari serangan udara. Sebagai kota perbatasan Kilis telah terpukul dengan serangan roket terus-menerus oleh kelompok teroris Daesh .

" Tidak ada satu pintu kiri bahwa kita belum mengetuk [ mengenai ] mengembangkan zona aman di perbatasan selatan kami untuk melindungi orang yang tidak bersalah di Suriah , " kata Erd
ogan di Istanbul selama konferensi Islam ketiga menteri yang bertanggung jawab untuk air .

" Saya berbagi ini dengan presiden AS [ Barack Obama ] , saya berbagi ini dengan Rusia ketika hubungan yang baik dan saya berbagi ini dengan negara-negara Barat , " kata Erdogan , menambahkan bahwa tidak satupun dari mereka mengambil tindakan untuk mengembangkan zona aman .
 
Provinsi tenggara Turki dari Kilis menghadapi serentetan serangan roket lintas - perbatasan dari Daesh dalam beberapa bulan terakhir .

"Puluhan orang kami kehilangan nyawa mereka karena roket yang ditembakkan dari Suriah di provinsi Kilis kami," kata Erdogan.

Di provinsi Kilis, gubernur setempat telah mengkonfirmasi bahwa dalam empat bulan terakhir total 20 orang telah tewas dan hampir 70 lainnya luka-luka oleh roket yang telah jatuh di dalam wilayah Turki.

Pada hari Senin, Erdogan bertemu Gubernur Kilis Suleyman Tapsiz serta walikota Hasan Kara.

- 'Tidak ada kelaparan pengungsi Suriah'

"Tiga juta orang berlindung di negara kita dan tidak satupun dari mereka yang kelaparan. Untungnya, kami telah diurus mereka semua, "katanya, menambahkan bahwa jumlah uang Turki telah dihabiskan untuk memenuhi kebutuhan pengungsi Suriah telah melampaui $ 10 miliar.

"Kita berbicara tentang belanja sehari-hari yang sedang berlangsung," katanya, menambahkan bahwa jumlah $ 10 miliar tidak termasuk bantuan dari lembaga non-pemerintah Turki.

Kesepakatan dicapai Maret antara Turki dan Uni Eropa termasuk paket bantuan 6 miliar euro ($ 6800000000) untuk membantu perawatan Turki bagi jutaan pengungsi host di negara ini.

"Jika dana yang dijanjikan datang, kita akan memiliki kemampuan untuk lebih meningkatkan kebutuhan mereka," katanya.

Konferensi Islam ketiga di Istabul akan berlangsung hingga Kamis. negara anggota Organisasi Kerjasama Islam, termasuk Azerbaijan, Jordan dan Afghanistan, yang berpartisipasi.[ms]

Sumber : Anadolu Agency

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Erdogan Desak Zona Aman Untuk Suriah Dari Serangan Roket Kilis"

Post a Comment