Erdogan Peringatkan Partai Pro Kurdi Jauhi Terorisme

Iklan Advertisement
Erdogan Peringatkan Partai Pro Kurdi Jauhi Terorisme
Majelissirah.com - Presiden Turki  Recep Tayyip Erdogan memperingatkan Partai Demokratik Rakyat Kurdi (HDP) untuk menjauhi  terorisme atau akan menerima konsekuensinya. Hal ini disampaikan Erdogan menyusul laporan adanya dukungan sejumlah anggota  HDP kepada kelompok teroris Kurdi (PKK).

Tokoh senior  HDP, Figen Yuksekdag dilaporkan mengunjungi keluarga korban operasi anti-PKK yang dilancarkan militer Turki. Sejumlah pengurus HDP juga diketahui terlibat mendukung kegiatan PKK di bagian timur Turki.

Erdogan menyerang sejumlah politisi yang mempersulit pihak keamanan Turki, yang tengah berjuang melawan terorisme dan afiliasinya. 

Dalam sebuah konferensi pers bersama Presiden Dewan Eropa  Donald Tusk di Istana Presiden di Ankara, Erdogan, tanpa menyebut HDP menandaskan: "Saya ulangi peringatan saya kepada  partai yang mempersulit dirinya sendiri  untuk menjauh dari PKK. Buatlah pilihan, bersama demokrasi atau teroris!”

Erdogan menyatakan, HDP harus memilih, berjuang melalui demokrasi atau lewat senjata, bom, kekerasan, dan darah.

"Meskipun saya tidak pernah setuju dengan kebijakan Anda, tetapi saya akan menghormati pendirian Anda jika berjuang melalui demokrasi. Tetapi jika Anda berdiri bersama terorisme, Anda harus membayar harganya!” tandas Erdogan lagi.

Erdogan menyatakan, pemerintah akan mengambil langkah-langkah yang diperbolehkan hukum untuk berhadapan dengan teroris. “Tidak boleh seorang pun mengganggu rakyat Turki,” katanya.
Hari Minggu lalu, 16 tentara Turki gugur di provinsi Hakkari dalam sebuah insiden maut sejak PKK kembali melakukan aksi terorime akhir Juli lalu.

Erdogan menjelaskan,  adalah tugas Negara dan aparat kemanan untuk memerangi terorime dan teroris. Karenanya pihak keamanan Turki langsung merespon serangan terbaru PKK dengan melancarkan serangan udara ke basis-basis PKK di sebelah utara Iraq, serta mengirimkan pasukan darat untuk menjaga perbatasan.

Menjelang pemilu Turki yang dipercepat 1 November mendatang, Erdogan mengatakan, pemilu merupakan tempat membayar dalam politik, bukan di jalanan.

Presiden juga memperingatkan msyarakat Kurdi di Turki bahwa teroris PKK bukan wakil mereka. “Tindakan ilegal tidak mungkin eksis bersama politik.

Turki membutuhkan politisi yang beratangung jawab, bukan seorang provokator,” tegasnya. [MS/Tajuk.co]

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Erdogan Peringatkan Partai Pro Kurdi Jauhi Terorisme"

Post a Comment